Assalamualaikum Wr.Wb..
hallo... oke kesempatan post kali ini materi Analisa
Game Ludo King - Intelegensi Buatan
semoga berguna dan bermanfaat bagi anda semua
simak sebagai berikut

Algortima - algoritma tersebut dimasukan kedalam
suatu wadah yang disebut namanya adalah Artificial Intelligence (AI)
atau kecerdasan buatan merupakan salah satu
cabang ilmu computer yang mempelajari bagaimana cara membuat
mesin cerdas, yaitu mesin yang mempunya belajar dan beradaptasi
terhadap ssesuatu. Tujuan dari riset – riset AI adalah bagaimana
sebuah mesin bisa berfikir sama halnya denngan manusia
yang bisa berfikir. Ai digunakan untuk menjawab problem yang
tidak dapat diprediksi dan tidak bersifat algoritmik atau procedural.
Sampai saat ini, para peneliti di bidang AI masih bekerja keras
untuk kompleksitas penelitian di bidang AI serta factor dukungan
teknologi untuk merealisasikannya.

Analisa Game Ludo King - Intelegensi Buatan


Ludo adalah sebuah permainan papan yang dimainkan hampir seluruh belahan dunia.
Permainan ini dimenagnkan dengan memindahkan pion-pion yang kita miliki menuju
kotak tujuan. Berbagai taktik dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.
Dengan algoritma greedy kita dapat membuat berbagai taktik untuk dapat memenangkan
permainan ini. Pada makalah ini akan dibahas berbagai taktik greedy yang dapat digunakan
untuk memainkan permainan.

Algoritma Greedy
adalah salah satu algoritma yang paling sering digunakan untuk menyelesaikan sebuah
persoalan optimasi. Persoalan optimasi adalah persoalan dimana kita mencari suatu solusi
yang dapat menyelesaikan persoalan tersebut secara optimum. Persoalan optimasi secara
garis besar terbagi dua, yaitu :

1.Persoalan optimasi maksimasi Persoalan optimasi maksimasi adalah persoalan dimana
kita mencari solusi untuk memperoleh hasil sebesar mungkin.
2. Persoalan optimasi minimasi. Persoalan optimasi minimasi adalah persoalan dimana
kita mencari solusi biasanya dengan membutuhkan biaya sesedikit mungkin.

Beberapa persoalan yang biasanya diselesaikan dengan greedy antara lain persoalan
knapsack, yaitu persoalan penempatan barang ke dalam sebuah kantung dengan batasan
berat namun dapat menghasilkan keuntungan sebesar mungkin atau persoalan penukaran
uang, yaitu persoalan menukarkan uang dengan sejumlah koin namun dengan jumlah koin
sesedikit mungkin. Algoritma greedy memiliki konsep sesuai dengan namanya greedy yang
berarti rakus atau tamak. Algoritma ini akan membentuk solusi langkah per langkah.
Pada setiap langkah penyelesaian masalah terdapat banyak pilihan langkah yang dapat
kita ambil. Pada algoritma ini kita berusaha mengambil keputusan terbaik yang dapat
diambil pada saat ini. Pengambilan langkah terbaik pada saat ini disebut optimum lokal.
Dengan mengambil langkah yang memberikan optimum lokal pada setiap langkah
diharapkan kita dapat mencapai optimum global.

Penerapan Algoritma Greedy

Terdapat beberapa taktik yang mengimplementasikan greedy untuk menyelesaikan
permainan ludo ini. Setiap taktik berisi cara yang berbeda. Pada bagian ini akan dibahas
beberapa cara penyelesaian tersebut. Sebelumnya akan dibahas struktur data permainan
ludo ini. Pada permainan ludo ini terdapat kelas pion yang memiliki atribut berupa posisi
pion. Kelas pion ini akan dimiliki oleh kelas pemain yang memiliki array yang berisi
empat buah pion. Kelas pemin juga memiliki prosedur melangkah yang akan mengubah
posisi pion pada kelas papan. Terkahir terdapat kelas dadu yang akan mengacak angka
dan dapat diambil oleh kelas lain.

A. Greedy by no one left behind
Pada greedy ini, algoritma akan berusaha untuk mengerakkan semua pion menuju titik
tujuan bersama-sama. Setiap langkah yang dapat diambil digunakan untuk menggerakkan
semua pion agar semakin dekat dengan tujuan. Sebelum melangkah dipilih pion dengan
prioritas tertinggi. Pion dengan prioritas tertinggi adalah pion yang paling belakang dan
dapat melangkah. Dengan memilih pion paling belakang kita melangkah dengan tujuan
seluruh pion bergerak bersama menuju tujuan. Di bawah ini adalah pseudocode
greedy by no one left behind.

B. Greedy by hitter
Pada greedy ini, algoritma akan berusaha untuk menggerakkan pion agar dapat memukul
pion pemain lain. Pemilihan pion yang digerakkan adalah berdasarkan prioritas tergantung
kondisi pion saat ini. Prioritas paling tinggi adalah pion yang paling dekat pion lain dan
dapat memukul pion pemain lain. Prioritas kedua adalah jika tidak bisa memukul pion lain,
pion tersebut akan maju mendekati pion lawan yang terdekat. Jika tidak ada pion yang memungkinkan, maka algoritma akan mencari pion lain yang dapat digerakkan.
Di bawah ini adalah pseudocode greedy by hitter.

C. Greedy byquick move
Pada greedy ini, algoritma akan berusaha untuk menggerakkan pion secepat mungkin
menuju tujuan. Pemilihan pion yang akan digerakkan berdasarkan prioritas.
Prioritas tertinggi adalah pion yang dapat bergerak dan berada paling dekat dengan tujuan.
Dengan menggerakkan pion yang paling dekat dengan kotak tujuan, kita akan lebih cepat
mencapai tujuan. Selama pion yang paling dekat dengan kotak tujuan tidak terhalangi,
maka seluruh langkah yang dapat diambil akan digunakan untuk memajukan pion tersebut.
Jika tidak ada yang bisa bergerak maka algoritma akan menggerakkan pion lainnya
sejumlah angka yang tertera di dau atau sisa langkah yang dapat diambil.

D. Greedy by blocking
Pada greedy ini, algoritma akan berusaha untuk menggerakkan pion dengan tujuan
menghalangi pemain lain. Prioritas utama dari algoritma ini adalah menggabungkan lebih
dari satu pion agar dapat menjadi penghalang. Jika ada pion yang dapat digabung, pion
tersebut akan maju ke tempat pion yang ada. Kemudian penghalang tersebut akan tetap
diam sampai tidak ada langkah lain yang dapat diambil. Jika tidak ada pion yang dapat
digabung, maka algoritma akan memilih salah satu pionselain pion yang menjadi penghalang
yang dapat dijalankan sejauh langkah yang tersisa atau angka yang keluar pada dadu.

sekian...

Wassalamualaikum Wr.Wb...