Hello yoo.. kali ini saya akan membagikan tugas mata kuliah e-government
menurut jawaban saya sendiri ini dari berbagai sumber media internet
oke simak sebagai berikut

contoh soal yang di kasih seperti ini
Jelaskan dampak positif dan negatif terhadap perkembangan teknologi informasi ditengah-tengah masyarakat dan pemerintahan
oke jawaban nya menurut sumber yang ada seperti ini

1. BIDANG PENDIDIKAN

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan
Beberapa dampak positif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam
bidang pendidikan, antara lain :

• Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas
yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta
didik berada dalam satu ruangan.
 • Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan
lancar karena penerapan sistem TIK.
 • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa
dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah
metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak,
karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak. • Sistem pembelajaran
tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak
harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos,
internet dan lain-lain.

Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan
Beberapa dampak negatif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi
dalam bidang pendidikan, antara lain :

 • Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem
tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem
tersebut akan berakibat fatal.
• Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan
bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
• Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven,
Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan
permasalahan ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor,
dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran
melalui internet tersebut.
 • Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan
kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi
yang e-book berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya
dengan ilmu computer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos system
perbangkan dan lain-lain.

2. BIDANG INDUSTRI DAN MANUFAKTUR

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang industri :

• Menambah penghasilan penduduk yang akan meningkatkan kemakmuran
• Menghasilkan aneka barang yang diperlukan masyarakat banyak
• Memperluas lapangan pekerjaan bagi penduduk
• Mengurangi ketergantungan Indonesia pada luar negeri
• Memberi hasil tambahan bagi para petani
• Merangsang masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan industry
• Memperluas kegiatan ekonomi manusia sehingga tidak semata-mata tergantung
pada lingkungan alam

Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang industri :

• Lahan pertanian menjadi semakin berkurang luasnya
• Tanah permukaan yang merupakan bagian yang subur menjadi hilang
• Cara hidup masyarakat berubah menjadi lebih konsumtif
• Pencemaran lingkungan oleh limbah industry

3. BIDANG PEMERINTAHAN

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pemerintahan :

• Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, informasi dapat disediakan 24 jam sehari,
7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor, informasi dapat dicari
dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
• Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum,
adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak
menjadi lebih baik, keterbukaan ini menghilangkan saling curiga
dan kekesalan dari semua pihak.
• Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya
informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya.
Sebagai contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade,
dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk
memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
• Hilangnya birokrasi yang selama ini seolah-oleh menjadi penghalang bagi masyarakat
dalam berhubungan dengan pemerintah sehingga pelaksanaan pemerintahan menjadi
lebih efektif dan efisien

Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pemerintahan :

• Biaya, Walaupun politik dalam pemerintahan yang menggunakan informasi dan teknologi
dapat melakukan pengeluaran yang lebih sedikit daripada konvensional, namun sebelumnya
untuk membuat infrastruktur dan teknisinya akan memiliki biaya yang sangat mahal.
• Privasi, Sebuah badan politik seperti negara memerlukan tanggapan dari warganya.
Jika negara terus meminta informasi maka privasi dari seseorang semakin sulit untuk dijaga.
Ini akhirnya menjadi dilema, di sisi yang satu data dari masyarakat dihimpun
untuk mengembangkan kegiatan negara namun di sisi yang lain negara pun harus
menjunjung tinggi hak privasi warganya.
• Penggunaan persenjataan canggih untuk menyerang pihak lain demi kekuasaan dan kekayaan.
• Terorisme yang semakin merajalela.
• Kurangnya privacy suatu negara akibat kerahasiaan yang tidak terjamin dengan
semakin canggihnya alat –alat pendeteksi.

4. BIDANG KOMUNIKASI JARINGAN GLOBAL ATAU INTERNET

Dampak Positif :

• Internet sebagai media komunikasi:Dalam hal ini internet merupakan alat komunikasi
yang di gunakan masyarakat untuk berkomunikasi dengan pengguna internet yang lain
yang terdapat pada aplikasi internet contohnya aplikasi Chatting (facebook,twitter,yahoo dll)
Media pertukaran data : Dengan menggunakan email, newsgroup, ftp
dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet
di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan Murah
• Media mencari informasi: setiap manusia membuhtukan informasi yang harus di ketahui
internet membantu manusia atau pengguna untuk memberikan segalah informasi yang
di butuhkan.contohnya salah satu situs internet yang sering di gunakan bagi manusia
dalam mencari informasi umumnya manusia menggunakan Google dan Youtube
• Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan

Dampak Negatif  :

• Pornografi, Internet seringkali di salah gunakan untuk hal hal yang kurang baik salah
satunya Pornografi yang sudah merajalelah dengan demikian Untuk mengantisipasi hal ini,
para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih
jenis home-page yang dapat di-akses. akibat salah menggunakan banyak sekali tingkah
asusila atau criminal.
• pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan
hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatKan PadaPenyediainformasitersebut.
• Perjudian, Banyak sekali pengguna internet yang menggunakan internet sebagai alat judi
yang sangat luas bagi semua kalangan ,bukan hanya bagi orang dewasa bahkan anak-anak
pun seringkali menyalah gunakan internet sebagai alat perjudian.

5. BIDANG ENTERTAIMENT DAN GAME

Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Games danEntertaiment :

• Membuat diksi (Kecanduan) yang kuat Ingin selalu main game
• Mendorong melakukan hal-hal negatif
• Terbiasa Berbicara kasar dan kotor
• Terbengkalainya kegiatan di dunianyata
• Perubahan pola makan dan istirahat

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Games dan Entertaiment :

• Setiap game memiliki tingkat kesulitan/Level yang berbeda. Umumnya permainan ini
dilengkapi pernak-pernik senjata, amunisi, karakter dan peta permainan yang berbeda.
Untuk menyelesaikan level atau mengalahkan musuh secara efisien diperlukan strategi.
Permainan game online akan melatih pemainnya untuk dapat memenangkan permainan
dengan cepat, efisien dan menghasilkan lebih banyak poin.
• Meningkatkan konsentrasi.Kemampuan konsentrasi pemain game online akan meningkat
karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mecari celah yang mungkin bisa
dilewati dan memonitor jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka
semakin diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi.
• Meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Penelitian yang dilakukan
di Manchester University dan Central Lanchashire University menyatakan bahwa orang
yang bermain game 18 jam seminggu atau sekita dua setengah jam perhari dapat
meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan
• meningkatkan kemampuan membacaPsikolog dari Finland Univesity menyatakan
bahwa game meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Jadi pendapat
yang menyatakan bahwa jenis permainan ini menurunkan tingkat minat baca anak
sangat tidak beralasan.

mungkin 5 bidang saja yang bisa saya bagikan kepada anda
sebenarnya masih banyak di bidang lain nya

oke sekian dan semoga bermanfaat...

Sumber : [dosenpendidikan.com] [3rafika.blogspot.co.id] [blingjamong.wordpress.com]
[terlambat.info] [kompasiana.com] [ikiinel.blogspot.com]